Jumat, 22 September 2017 - 12:56:43 WIB
Pengamen Jalanan Menjamur di Kota CiamisKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 28 kali

Baca Juga:Rapat Pleno Rekapitulasi dan Perhitungan Suara di Kelurahan Kedaung Kaliangke Berjalan Lancar10 Paket Proyek Disdik Sibolga Diduga Pemenangnya Sudah DiplotJasa Raharja Peduli Dengan Masyarakat KEPRIPengerasan Jalan Penghubung Kertamulya-Merejah Majalengka Di Sambut Positip Para Petani

Ciamis, Jaya Pos

Maraknya keberadaan pengamen jalanan di sejumlah titik strategis di Kota Ciamis kembali mendapatkan sorotan. Pemkab Ciamis melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) diminta benar-benar serius dalam menertibkan anak-anak berpenampilan lusuh ini.

“Satpol PP Pemkab Ciamis harus benar-benar serius dalam menertibkan anak-­pengamen jalanan. Selama ini mereka masih banyak berkeliaran di sejumlah titik baik di perkotaan maupun jalur-jalur lalu lintas,” ujar Pemerhati Sosial di Kabupaten Ciamis, Saepudin SH MH.

Menurut Saepudin, setelah ditertibkan, anak-pengamen jalanan itu tak cukup hanya didata dan diberikan pengarahan lalu kemudian dilepaskan kembali. Akan lebih baik lagi kalau mereka diantarkan langsung ke rumah orangtua masing-masing sehingga tidak kembali berkeliaran di jalanan lalu kembali menimbulkan keresahan.

Dikatakannya, maraknya keberadaan pengamen jalanan di jalan raya tidak hanya telah menimbulkan keresahan bagi warga dan pengguna jalan raya, akan tetapi juga telah menimbulkan sejumlah kecelakaan. Selama ini cukup sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang menimpa pengamen jalanan seperti yang belum lama ini terjadi di jalur Ciamis-Banjar. “Mereka berani menghentikan kendaraan yang tengah melaju kencang dengan cara berdiri di tengah jalan dan memaksa untuk naik. Akibatnya, terjadi sejumlah kecelakaan karena mereka terjatuh saat berusaha memaksa naik kendaraan dan terlindas kendaraan hingga tewas,” kata Aep.

Aep menerangkan, saat itu sejumlah pengamen jalanan yang hendak berpindah lokasi nongkrong nekat menghentikan sebuah truk dan memaksa menaikinya di sekitar perkotaan. Saat korban naik, kendaraan sudah berjalan dan korban pun terjatuh sehingga masuk ke bagian kolong truk dan tergilas ban belakang sebelah kanan hingga akhir­nya tewas. “Kasus kecelakaan yang menimpa pengamen jalanan ini bukan sekali dua kali tapi sudah sangat sering terjadi. Kalau tak segera diantisipasi, dikhawatirkan kasus serupa terus terulang,” ucapnya.

Untuk itu dirinya menghimbau kepada para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dan tidak mengambil resiko menaikkan pengamen di jalan. Kalaupun ada pengamen jalanan yang berusaha meminta tumpangan, sebaiknya jangan dituruti. “Menaikkan pengamen jalanan ke dalam kendaraan sangat beresiko. Kasihan juga kan para sopir yang tak punya salah akan tetapi pada akhirnya harus terbawa-bawa akibat kecelakaan yang menimpa pengamen jalanan ini,” katanya.

Hal serupa disampaikan Andi Fikri (42) sa­ngat mendukung penertiban anak-pengamen jalanan. “Mereka itu anak-anak remaja yang seharusnya mendapat bim­bingan untuk kehidupan yang layak. Jangan dibiarkan berkeliaran dan mengganggu ketertiban umum,” tegasnya.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121536)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90928)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (63152)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (50511)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45783)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45603)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37450)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32911)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31606)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (24032)
Bedah JayaposKades Stroke, BPD Pertanyakan Sikap Bupati SubangDesakan warga ini murni guna menciptakan kondusifitas pemerintahan dalam pelayanan terhadap warga dan ...


Tutupi Indikasi Persekongkolan Tender, ULP Ketapang Manipulasi Data?Pelaksanaan 2 Proyek Bandara Kuala Kurun, Diduga Tidak Sesuai Kontrak445 Mesin Parkir Jadi Mubazir, Ada Politik Dibalik Pengadaan ?Peningkatan Jalan Coban Blimbing-Wonosari Diduga Asal JadiHasil Kerjaan Amburadul Tanpa Referensi Dan Kemampuan Dasar PT Nasrip Indonesia Menang 3 PaketKanwil DJBC Riau dan Sumbar Musnahkan Barang Selundupan Senilai Rp13 M LebihDiduga Kongkalikong Antara Kontraktor dan Pejabat PU di Proyek Rigit Beton 6 M
Laporan KhususBerhasil Kendalikan Kaki Gajah Depok Raih PenghargaanDepok, Jaya Pos Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia ...


Tahapan Seleksi Sekda Memasuki Penulisan MakalahBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Tahun 2017Ketua Dewan Pimpin Paripurna Istimewa APBD-P 2017Inovasi Disbun Jatim Untuk Petani KakaoHUT Kabupaten Natuna Bupati Berikan Penghargaan Pada PegawaiJaksa Pangkalpinang Masuk SekolahPDAM Kab Melawi Peroleh Predikat WTP