Jumat, 22 September 2017 - 12:56:43 WIB
Pengamen Jalanan Menjamur di Kota CiamisKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 159 kali

Baca Juga:Rapat Pleno Rekapitulasi dan Perhitungan Suara di Kelurahan Kedaung Kaliangke Berjalan Lancar10 Paket Proyek Disdik Sibolga Diduga Pemenangnya Sudah DiplotJasa Raharja Peduli Dengan Masyarakat KEPRIPengerasan Jalan Penghubung Kertamulya-Merejah Majalengka Di Sambut Positip Para Petani

Ciamis, Jaya Pos

Maraknya keberadaan pengamen jalanan di sejumlah titik strategis di Kota Ciamis kembali mendapatkan sorotan. Pemkab Ciamis melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) diminta benar-benar serius dalam menertibkan anak-anak berpenampilan lusuh ini.

“Satpol PP Pemkab Ciamis harus benar-benar serius dalam menertibkan anak-­pengamen jalanan. Selama ini mereka masih banyak berkeliaran di sejumlah titik baik di perkotaan maupun jalur-jalur lalu lintas,” ujar Pemerhati Sosial di Kabupaten Ciamis, Saepudin SH MH.

Menurut Saepudin, setelah ditertibkan, anak-pengamen jalanan itu tak cukup hanya didata dan diberikan pengarahan lalu kemudian dilepaskan kembali. Akan lebih baik lagi kalau mereka diantarkan langsung ke rumah orangtua masing-masing sehingga tidak kembali berkeliaran di jalanan lalu kembali menimbulkan keresahan.

Dikatakannya, maraknya keberadaan pengamen jalanan di jalan raya tidak hanya telah menimbulkan keresahan bagi warga dan pengguna jalan raya, akan tetapi juga telah menimbulkan sejumlah kecelakaan. Selama ini cukup sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang menimpa pengamen jalanan seperti yang belum lama ini terjadi di jalur Ciamis-Banjar. “Mereka berani menghentikan kendaraan yang tengah melaju kencang dengan cara berdiri di tengah jalan dan memaksa untuk naik. Akibatnya, terjadi sejumlah kecelakaan karena mereka terjatuh saat berusaha memaksa naik kendaraan dan terlindas kendaraan hingga tewas,” kata Aep.

Aep menerangkan, saat itu sejumlah pengamen jalanan yang hendak berpindah lokasi nongkrong nekat menghentikan sebuah truk dan memaksa menaikinya di sekitar perkotaan. Saat korban naik, kendaraan sudah berjalan dan korban pun terjatuh sehingga masuk ke bagian kolong truk dan tergilas ban belakang sebelah kanan hingga akhir­nya tewas. “Kasus kecelakaan yang menimpa pengamen jalanan ini bukan sekali dua kali tapi sudah sangat sering terjadi. Kalau tak segera diantisipasi, dikhawatirkan kasus serupa terus terulang,” ucapnya.

Untuk itu dirinya menghimbau kepada para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dan tidak mengambil resiko menaikkan pengamen di jalan. Kalaupun ada pengamen jalanan yang berusaha meminta tumpangan, sebaiknya jangan dituruti. “Menaikkan pengamen jalanan ke dalam kendaraan sangat beresiko. Kasihan juga kan para sopir yang tak punya salah akan tetapi pada akhirnya harus terbawa-bawa akibat kecelakaan yang menimpa pengamen jalanan ini,” katanya.

Hal serupa disampaikan Andi Fikri (42) sa­ngat mendukung penertiban anak-pengamen jalanan. “Mereka itu anak-anak remaja yang seharusnya mendapat bim­bingan untuk kehidupan yang layak. Jangan dibiarkan berkeliaran dan mengganggu ketertiban umum,” tegasnya.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50364)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13451)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12782)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8008)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5328)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4839)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (3989)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3943)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3782)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3616)
Bedah JayaposKades Mekar Sari-Panimbang Diduga Manipulasi Data BSPS Kaum MiskinPadeglang, JAYAPOS - Sukarna Jaya, Kepala Desa Mekarsari, Kec Panimbang diduga memanipulasi data ...


Dana DAK Rehab, RKB dan Perpustakaan Sekolah Diduga Dipungli Hingga Ratusan Juta RupiahPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab
Laporan KhususWagub Berikan Jawaban pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi SumselPalembang, JAYAPOS -  Wakil Gubernur Suma­tera Selatan Ir H Ishak Mekki MM ...


Bupati OKI Minta Polisi Tindak Tegas Pembakaran LahanSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang Ternak