Jumat, 22 September 2017 - 12:56:43 WIB
Pengamen Jalanan Menjamur di Kota CiamisKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 17 kali

Baca Juga:Rapat Pleno Rekapitulasi dan Perhitungan Suara di Kelurahan Kedaung Kaliangke Berjalan Lancar10 Paket Proyek Disdik Sibolga Diduga Pemenangnya Sudah DiplotJasa Raharja Peduli Dengan Masyarakat KEPRIPengerasan Jalan Penghubung Kertamulya-Merejah Majalengka Di Sambut Positip Para Petani

Ciamis, Jaya Pos

Maraknya keberadaan pengamen jalanan di sejumlah titik strategis di Kota Ciamis kembali mendapatkan sorotan. Pemkab Ciamis melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) diminta benar-benar serius dalam menertibkan anak-anak berpenampilan lusuh ini.

“Satpol PP Pemkab Ciamis harus benar-benar serius dalam menertibkan anak-­pengamen jalanan. Selama ini mereka masih banyak berkeliaran di sejumlah titik baik di perkotaan maupun jalur-jalur lalu lintas,” ujar Pemerhati Sosial di Kabupaten Ciamis, Saepudin SH MH.

Menurut Saepudin, setelah ditertibkan, anak-pengamen jalanan itu tak cukup hanya didata dan diberikan pengarahan lalu kemudian dilepaskan kembali. Akan lebih baik lagi kalau mereka diantarkan langsung ke rumah orangtua masing-masing sehingga tidak kembali berkeliaran di jalanan lalu kembali menimbulkan keresahan.

Dikatakannya, maraknya keberadaan pengamen jalanan di jalan raya tidak hanya telah menimbulkan keresahan bagi warga dan pengguna jalan raya, akan tetapi juga telah menimbulkan sejumlah kecelakaan. Selama ini cukup sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang menimpa pengamen jalanan seperti yang belum lama ini terjadi di jalur Ciamis-Banjar. “Mereka berani menghentikan kendaraan yang tengah melaju kencang dengan cara berdiri di tengah jalan dan memaksa untuk naik. Akibatnya, terjadi sejumlah kecelakaan karena mereka terjatuh saat berusaha memaksa naik kendaraan dan terlindas kendaraan hingga tewas,” kata Aep.

Aep menerangkan, saat itu sejumlah pengamen jalanan yang hendak berpindah lokasi nongkrong nekat menghentikan sebuah truk dan memaksa menaikinya di sekitar perkotaan. Saat korban naik, kendaraan sudah berjalan dan korban pun terjatuh sehingga masuk ke bagian kolong truk dan tergilas ban belakang sebelah kanan hingga akhir­nya tewas. “Kasus kecelakaan yang menimpa pengamen jalanan ini bukan sekali dua kali tapi sudah sangat sering terjadi. Kalau tak segera diantisipasi, dikhawatirkan kasus serupa terus terulang,” ucapnya.

Untuk itu dirinya menghimbau kepada para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dan tidak mengambil resiko menaikkan pengamen di jalan. Kalaupun ada pengamen jalanan yang berusaha meminta tumpangan, sebaiknya jangan dituruti. “Menaikkan pengamen jalanan ke dalam kendaraan sangat beresiko. Kasihan juga kan para sopir yang tak punya salah akan tetapi pada akhirnya harus terbawa-bawa akibat kecelakaan yang menimpa pengamen jalanan ini,” katanya.

Hal serupa disampaikan Andi Fikri (42) sa­ngat mendukung penertiban anak-pengamen jalanan. “Mereka itu anak-anak remaja yang seharusnya mendapat bim­bingan untuk kehidupan yang layak. Jangan dibiarkan berkeliaran dan mengganggu ketertiban umum,” tegasnya.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4285)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2988)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1656)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1079)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (577)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (432)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (327)Wujud Sinergitas TNI Polri, Polsek Wates Makan bersama dengan 70 Anggota TNI (283)Ratusan Pekarya KSO Demo PT BBP (237)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (225)
Bedah JayaposTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganKuala Kurun, Jaya Pos Menangani perkara sengketa tanah antara Esza YM alias Sisi melawan Awat, Ucu dan Tono, ...


PT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya MandiriPeningkatan Jalan Kebonagung Kemangsen Menyimpang Kinerja CV Aura Karya Kontruksi Disoroti Warga Karena Terkesan Asal-Asalan
Laporan KhususWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Ciamis, Jaya Pos Dari tahun ke tahun, semakin bertambah warga In­donesia beragama Islam yang daftar ...


Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui OnlinePublikasi Kinerja Setda Kabupaten Bogor Semester II Tahun 2017Bamag Nas Mengabarkan Tentang Terang Kristus