Jumat, 11 Agustus 2017 - 07:25:24 WIB
PT. KAI Urungkan Niatnya Bongkar Rumah Warga Stasiun BukittinggiKategori: Sumatera Barat - Dibaca: 21 kali

Baca Juga:KPUD dan Walikota Berebut Kursi Sekretaris KPUDBerita Poto :Pesta Bolon Simbolon Indonesia Dihadiri Megawati Berita Foto :Bupati Buol Amran Batalipu Lagi Digiring ke KPK Jumat (6/7/2012)Penderitaan Emeh Mengundang Keprihatinan Kapolres Majalengka

Bukittinggi, Jaya Pos                 

PT.Kereta Api Indonesia (PT.KAI) urungkan niatnya untuk melakukan pengosongan lahan  jalur Stasiun Bukittinggi. “Pengosongan lahan jalur kereta api  menunggu  dilayangkan SP3 langsung diserahkan kemasing-masing  debitur/penyewa dan tidak berurusan dengan orang-orang yang diluar debitur  dengan batas waktu sampai akhir  akhir bulan Juli  lalu,” jelas Sulthon Hasanuddin  selaku Vice President  Divre II Sumbar menjawab pertanyaan wartawan,  usai rapat koordinasi dengan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah  (Forkopinda) Kota Bukittinggi, Rabu (19/7) berlangsung di Istana Bung Hatta Bukittinggi .

Rapat koordinasi dengan unsur  Forum Pimpinan Daerah se Kota Bukittinggi, Walikota  Ramlan Nurmatias,SH, Ketua DPRD Beny Yusrial,SE didampingi Wakilnya Yontrimansyah, SE Kapolresta, Dandim 0304  mewakili pihak Kejaksaan Negeri Bukittinggi serta unsur jajaran PT.KAI .

Namun fakta di lapangan sampai berita diturunkan   warga stasiun masih tetap bertahan. Tapi sebagian kecil fari mereka sudah menerima ganti rugi dari PT.KAI. Mereka telah siap meninggakan lokasi tersebut. Menurut catatan dari PT.KAI sebanyak 106 orang KK yang tercatat selaku penyewa dengan pihak PT.KAI. Hal itu dijelaskan oleh Sul Thon .

Terkait  masalah warga yang sampai sekarang masih bertahan tinggal, akan diberikan uang bongkar dan melalui proses penilaian seperti adanya bangunan yang permanen diberikan ganti rugi maksimal Rp 250.000/meter, serta bangunan semi permanen sesuai dengan penilaian nantinya dan menurut catatannya sesuai dengan kontrak tercatat 106 orang yang melakukan hak sewa menyewa dengan ( PT.KAI). Pembayaran dilakukan setelah adanya kesepakatan diatas materai nantinya.

Setelah adanya pengosongan lahan jalur kereta api , diatas tanah seluas 4,1 hektar diakui Sul Thon  juga dibangun hotel, balkondes , pembangunan tersebut   sebenarnya tidak menghilangkan jalur kereta api, fungsinya tetap berjalan tapi itu domainnya Kementrian Perhubungan bukannya domainya BUMN, ”Jika kita akan buka jalur baru itu akan susah lagi karena di Sumatera Barat ini banyak tanah adat, makanya kita akan gunakan jalur exsistim jalurnya yang sudah ada,”.jelas Vice Presiden Divre II PT.KAI.

Terkait masjid tetap adanya, itu akan  perbaiki dibikin lebih hebat  oleh PT.Petra Jasa dan lokasinya tetap. Ketika didesak wartawan apakah diperkecil masjidnya ?, “Secara detail saya belum lihat,”  kata Sul Thon . Bahkan pihak PT.KAI sudah ingatkan pada PT.Petra Jasa, pembangunan jangan sampai menutup jalur kereta api ,

Perjuangan panjang pengurus  OPAKAI  yang sudah mendatangi  beberapa Kementrian  Bidang Ekonomi dan Infrasturtur  yang sudah mengirim jawaban surat OPAKAI, telah memberikan angin segar kepada OPAKAI. Karena surat tersebut telah menyarankan PT.KAI dan OPAKAI duduk bersama dan satu musyawah dan mufakat  dan mencarikan win win solusion.

“Bahkan pertemuan juga dilakukan OPAKAI dengan Komnas HAM,” ,jelas Young Happy didampingi Chairunas dan Kumar Z,Chan . Hasil perjuangan pengurus OPAKAI memperoleh angin segar sehingga sampai berita diturunkan lokasi jalur stasiun masih seperti biasanya.

DPRD tetap berkomitmen  untuk penundaan SP3 sampai adanya terjadi musyawarah dan mufakat karena kehadiran DPRD dalam pertemuan dengan PT.KAI adalah menyampaikan aspirasi warga. Karena DPRD selaku  pembawa aspirasi rakyat, tetapi jika terjadi juga eksekusi maka DPRD berada diluar peristiwa apa yang dilaksanakan oleh PT.KAI.

“Dan dari awal pertemuan telah dipaparkan sekaligus memberikan masukan bahkan  menyarankan sesuai dengan aspirasi warga. Apapun tindakan yang diambil oleh PT.KAI  baik semacam eksekusi, maka DPRD sudah berada diluar keputusan pihak PT.KAI dan DPRD bukan menentang program nasional,” urai Ketua DPRD Beny Yusrial,S.Sos saat ditemui usai rapat dengan pihak PT.KAI.(YET/ZKM)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4285)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2988)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1656)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1079)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (577)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (432)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (327)Wujud Sinergitas TNI Polri, Polsek Wates Makan bersama dengan 70 Anggota TNI (283)Ratusan Pekarya KSO Demo PT BBP (237)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (225)
Bedah JayaposTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganKuala Kurun, Jaya Pos Menangani perkara sengketa tanah antara Esza YM alias Sisi melawan Awat, Ucu dan Tono, ...


PT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya MandiriPeningkatan Jalan Kebonagung Kemangsen Menyimpang Kinerja CV Aura Karya Kontruksi Disoroti Warga Karena Terkesan Asal-Asalan
Laporan KhususWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Ciamis, Jaya Pos Dari tahun ke tahun, semakin bertambah warga In­donesia beragama Islam yang daftar ...


Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui OnlinePublikasi Kinerja Setda Kabupaten Bogor Semester II Tahun 2017Bamag Nas Mengabarkan Tentang Terang Kristus