Jumat, 11 Agustus 2017 - 07:25:24 WIB
PT. KAI Urungkan Niatnya Bongkar Rumah Warga Stasiun BukittinggiKategori: Sumatera Barat - Dibaca: 205 kali

Baca Juga:KPUD dan Walikota Berebut Kursi Sekretaris KPUDBerita Poto :Pesta Bolon Simbolon Indonesia Dihadiri Megawati Berita Foto :Bupati Buol Amran Batalipu Lagi Digiring ke KPK Jumat (6/7/2012)Penderitaan Emeh Mengundang Keprihatinan Kapolres Majalengka

Bukittinggi, Jaya Pos                 

PT.Kereta Api Indonesia (PT.KAI) urungkan niatnya untuk melakukan pengosongan lahan  jalur Stasiun Bukittinggi. “Pengosongan lahan jalur kereta api  menunggu  dilayangkan SP3 langsung diserahkan kemasing-masing  debitur/penyewa dan tidak berurusan dengan orang-orang yang diluar debitur  dengan batas waktu sampai akhir  akhir bulan Juli  lalu,” jelas Sulthon Hasanuddin  selaku Vice President  Divre II Sumbar menjawab pertanyaan wartawan,  usai rapat koordinasi dengan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah  (Forkopinda) Kota Bukittinggi, Rabu (19/7) berlangsung di Istana Bung Hatta Bukittinggi .

Rapat koordinasi dengan unsur  Forum Pimpinan Daerah se Kota Bukittinggi, Walikota  Ramlan Nurmatias,SH, Ketua DPRD Beny Yusrial,SE didampingi Wakilnya Yontrimansyah, SE Kapolresta, Dandim 0304  mewakili pihak Kejaksaan Negeri Bukittinggi serta unsur jajaran PT.KAI .

Namun fakta di lapangan sampai berita diturunkan   warga stasiun masih tetap bertahan. Tapi sebagian kecil fari mereka sudah menerima ganti rugi dari PT.KAI. Mereka telah siap meninggakan lokasi tersebut. Menurut catatan dari PT.KAI sebanyak 106 orang KK yang tercatat selaku penyewa dengan pihak PT.KAI. Hal itu dijelaskan oleh Sul Thon .

Terkait  masalah warga yang sampai sekarang masih bertahan tinggal, akan diberikan uang bongkar dan melalui proses penilaian seperti adanya bangunan yang permanen diberikan ganti rugi maksimal Rp 250.000/meter, serta bangunan semi permanen sesuai dengan penilaian nantinya dan menurut catatannya sesuai dengan kontrak tercatat 106 orang yang melakukan hak sewa menyewa dengan ( PT.KAI). Pembayaran dilakukan setelah adanya kesepakatan diatas materai nantinya.

Setelah adanya pengosongan lahan jalur kereta api , diatas tanah seluas 4,1 hektar diakui Sul Thon  juga dibangun hotel, balkondes , pembangunan tersebut   sebenarnya tidak menghilangkan jalur kereta api, fungsinya tetap berjalan tapi itu domainnya Kementrian Perhubungan bukannya domainya BUMN, ”Jika kita akan buka jalur baru itu akan susah lagi karena di Sumatera Barat ini banyak tanah adat, makanya kita akan gunakan jalur exsistim jalurnya yang sudah ada,”.jelas Vice Presiden Divre II PT.KAI.

Terkait masjid tetap adanya, itu akan  perbaiki dibikin lebih hebat  oleh PT.Petra Jasa dan lokasinya tetap. Ketika didesak wartawan apakah diperkecil masjidnya ?, “Secara detail saya belum lihat,”  kata Sul Thon . Bahkan pihak PT.KAI sudah ingatkan pada PT.Petra Jasa, pembangunan jangan sampai menutup jalur kereta api ,

Perjuangan panjang pengurus  OPAKAI  yang sudah mendatangi  beberapa Kementrian  Bidang Ekonomi dan Infrasturtur  yang sudah mengirim jawaban surat OPAKAI, telah memberikan angin segar kepada OPAKAI. Karena surat tersebut telah menyarankan PT.KAI dan OPAKAI duduk bersama dan satu musyawah dan mufakat  dan mencarikan win win solusion.

“Bahkan pertemuan juga dilakukan OPAKAI dengan Komnas HAM,” ,jelas Young Happy didampingi Chairunas dan Kumar Z,Chan . Hasil perjuangan pengurus OPAKAI memperoleh angin segar sehingga sampai berita diturunkan lokasi jalur stasiun masih seperti biasanya.

DPRD tetap berkomitmen  untuk penundaan SP3 sampai adanya terjadi musyawarah dan mufakat karena kehadiran DPRD dalam pertemuan dengan PT.KAI adalah menyampaikan aspirasi warga. Karena DPRD selaku  pembawa aspirasi rakyat, tetapi jika terjadi juga eksekusi maka DPRD berada diluar peristiwa apa yang dilaksanakan oleh PT.KAI.

“Dan dari awal pertemuan telah dipaparkan sekaligus memberikan masukan bahkan  menyarankan sesuai dengan aspirasi warga. Apapun tindakan yang diambil oleh PT.KAI  baik semacam eksekusi, maka DPRD sudah berada diluar keputusan pihak PT.KAI dan DPRD bukan menentang program nasional,” urai Ketua DPRD Beny Yusrial,S.Sos saat ditemui usai rapat dengan pihak PT.KAI.(YET/ZKM)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50364)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13451)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12782)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8008)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5328)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4839)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (3988)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3943)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3782)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3616)
Bedah JayaposKades Mekar Sari-Panimbang Diduga Manipulasi Data BSPS Kaum MiskinPadeglang, JAYAPOS - Sukarna Jaya, Kepala Desa Mekarsari, Kec Panimbang diduga memanipulasi data ...


Dana DAK Rehab, RKB dan Perpustakaan Sekolah Diduga Dipungli Hingga Ratusan Juta RupiahPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab
Laporan KhususWagub Berikan Jawaban pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi SumselPalembang, JAYAPOS -  Wakil Gubernur Suma­tera Selatan Ir H Ishak Mekki MM ...


Bupati OKI Minta Polisi Tindak Tegas Pembakaran LahanSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang Ternak