Selasa, 08 Agustus 2017 - 07:25:55 WIB
Kades Sidojangkung Layak DibuiKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 15 kali

Baca Juga:Penderitaan Emeh Mengundang Keprihatinan Kapolres MajalengkaDua Petinju Samosir Masuk Final Kejurnas Tinju Amatir di JakartaPelepasan Siswa-Siswi SMKN 1 LabangWarga Desa Sungai Belidak Merasa Dianaktirikan

Gresik, Jaya Pos

Setidaknya ada dua Undang –Undang yang diduga kuat dilanggar oleh Kepala Desa Pejangkungan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik yakni Undang –Undang No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang–Undang No 20 tahun 2001 juga Undang–Undang No 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Bila diakumulasikan kedua pelanggran atas Undang-Undang tersebut ancaman hukumanya bisa 20 tahun penjara.

Sebagai Kepala Desa seharusnya menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat desanya untuk mentaati setiap undang–undang ataupun peraturan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Sayangnya menjadi Kepala Desa bagi Sugianto Kepala Desa Sidojangkung, Kecamatan Menganti Kab Gresik menjadi Kepala Desa diduga dijadikan kesempatan untuk memperkaya diri sendiri dengan cara melanggar undang–undang.

Setidaknya fakta itu yang dilihat oleh Ketua LSM WAR Ir Didik Wahono SH.Msi. Menurut Bung Didik sebgai Kepala Desa Sugianto sama sekali tidak menghiraukan pranata dan peraturan perundang –undangan yang berlaku dengan cara melawan hukum dengan terang –terangan menjual tanah kavling dan tanpa dilengkapi rencana setapak atau set plain yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang dari Pemerintah Kabupaten Gresik.

Menurut Bung Didik tindakan Kepala Desa Sidojangkung,Sugianto ini telah melanggar Undang –Undang No 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Bila mengacu pada pasal 151 dari Undang–Undang tersebut Sugianto terancam hukuman maksimal enam tahun penjara dan atau denda maksimal enam milyar rupiah.

Masih menurut Bung Didik, sebagai Kepala Desa Sidojangkung yang seharusnya menjadi gerbang awal untuk menjadi contoh bagi ketaatan seluruh lapisan masyarakat terhadap undang–undang, dengan kewenangan sebagai Kepala Desa, Sugianto dengan leluasa membuat kawasan kavling di desanya dan memasarkan dengan mudah tanpa adanya hambatan atau halangan dari pihak masyarakat Desa Sidojangkung.

Bahkan para pemudanya dijadikan sales bagi kepentingan penjualan kavling di desa tersebut. Atas hal itu menurut Bung Didik, Kamis (3/8/17) Kepala Desa Sidojangkung juga ditengarai melanggar Undang–Undang No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan indikasi awal yang cukup yakni menyalah gunakan kewenangannya sebagai Kepala Desa,

“Berbuat sesuatu dan atau tidak berbuat sesuatu dengan kewenangannya yang memperkaya diri sendiri atau orang lain dan atau suatu korporasi yang merugikan keuangan atau perekonomian negara diancam dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda satu milyar rupiah. Seharusnya dengan akumulasi hukuman yang diduga dilanggar oleh Kepala Desa Sidojangkung ini Sugianto, Kepala Desa Sidojangkung memang layak dibui,“ pungkas Bung Didik.

Sementara Kades Sidojangkung Sugianto yang diklarifikasi dan konfirmasi melalui surat maupun pesan singkat tidak memberikan penjelasan apapun mengenai hal itu.(Zein)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4286)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2988)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1656)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1079)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (577)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (432)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (327)Wujud Sinergitas TNI Polri, Polsek Wates Makan bersama dengan 70 Anggota TNI (283)Ratusan Pekarya KSO Demo PT BBP (237)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (227)
Bedah JayaposTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganKuala Kurun, Jaya Pos Menangani perkara sengketa tanah antara Esza YM alias Sisi melawan Awat, Ucu dan Tono, ...


PT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya MandiriPeningkatan Jalan Kebonagung Kemangsen Menyimpang Kinerja CV Aura Karya Kontruksi Disoroti Warga Karena Terkesan Asal-Asalan
Laporan KhususWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Ciamis, Jaya Pos Dari tahun ke tahun, semakin bertambah warga In­donesia beragama Islam yang daftar ...


Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui OnlinePublikasi Kinerja Setda Kabupaten Bogor Semester II Tahun 2017Bamag Nas Mengabarkan Tentang Terang Kristus