Selasa, 08 Agustus 2017 - 07:25:55 WIB
Kades Sidojangkung Layak DibuiKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 2072 kali

Baca Juga:Penderitaan Emeh Mengundang Keprihatinan Kapolres MajalengkaDua Petinju Samosir Masuk Final Kejurnas Tinju Amatir di JakartaPelepasan Siswa-Siswi SMKN 1 LabangWarga Desa Sungai Belidak Merasa Dianaktirikan

Gresik, Jaya Pos

Setidaknya ada dua Undang –Undang yang diduga kuat dilanggar oleh Kepala Desa Pejangkungan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik yakni Undang –Undang No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang–Undang No 20 tahun 2001 juga Undang–Undang No 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Bila diakumulasikan kedua pelanggran atas Undang-Undang tersebut ancaman hukumanya bisa 20 tahun penjara.

Sebagai Kepala Desa seharusnya menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat desanya untuk mentaati setiap undang–undang ataupun peraturan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Sayangnya menjadi Kepala Desa bagi Sugianto Kepala Desa Sidojangkung, Kecamatan Menganti Kab Gresik menjadi Kepala Desa diduga dijadikan kesempatan untuk memperkaya diri sendiri dengan cara melanggar undang–undang.

Setidaknya fakta itu yang dilihat oleh Ketua LSM WAR Ir Didik Wahono SH.Msi. Menurut Bung Didik sebgai Kepala Desa Sugianto sama sekali tidak menghiraukan pranata dan peraturan perundang –undangan yang berlaku dengan cara melawan hukum dengan terang –terangan menjual tanah kavling dan tanpa dilengkapi rencana setapak atau set plain yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang dari Pemerintah Kabupaten Gresik.

Menurut Bung Didik tindakan Kepala Desa Sidojangkung,Sugianto ini telah melanggar Undang –Undang No 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Bila mengacu pada pasal 151 dari Undang–Undang tersebut Sugianto terancam hukuman maksimal enam tahun penjara dan atau denda maksimal enam milyar rupiah.

Masih menurut Bung Didik, sebagai Kepala Desa Sidojangkung yang seharusnya menjadi gerbang awal untuk menjadi contoh bagi ketaatan seluruh lapisan masyarakat terhadap undang–undang, dengan kewenangan sebagai Kepala Desa, Sugianto dengan leluasa membuat kawasan kavling di desanya dan memasarkan dengan mudah tanpa adanya hambatan atau halangan dari pihak masyarakat Desa Sidojangkung.

Bahkan para pemudanya dijadikan sales bagi kepentingan penjualan kavling di desa tersebut. Atas hal itu menurut Bung Didik, Kamis (3/8/17) Kepala Desa Sidojangkung juga ditengarai melanggar Undang–Undang No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan indikasi awal yang cukup yakni menyalah gunakan kewenangannya sebagai Kepala Desa,

“Berbuat sesuatu dan atau tidak berbuat sesuatu dengan kewenangannya yang memperkaya diri sendiri atau orang lain dan atau suatu korporasi yang merugikan keuangan atau perekonomian negara diancam dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda satu milyar rupiah. Seharusnya dengan akumulasi hukuman yang diduga dilanggar oleh Kepala Desa Sidojangkung ini Sugianto, Kepala Desa Sidojangkung memang layak dibui,“ pungkas Bung Didik.

Sementara Kades Sidojangkung Sugianto yang diklarifikasi dan konfirmasi melalui surat maupun pesan singkat tidak memberikan penjelasan apapun mengenai hal itu.(Zein)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121536)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90928)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (63152)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (50511)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45783)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45603)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37450)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32910)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31606)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (24031)
Bedah JayaposKades Stroke, BPD Pertanyakan Sikap Bupati SubangDesakan warga ini murni guna menciptakan kondusifitas pemerintahan dalam pelayanan terhadap warga dan ...


Tutupi Indikasi Persekongkolan Tender, ULP Ketapang Manipulasi Data?Pelaksanaan 2 Proyek Bandara Kuala Kurun, Diduga Tidak Sesuai Kontrak445 Mesin Parkir Jadi Mubazir, Ada Politik Dibalik Pengadaan ?Peningkatan Jalan Coban Blimbing-Wonosari Diduga Asal JadiHasil Kerjaan Amburadul Tanpa Referensi Dan Kemampuan Dasar PT Nasrip Indonesia Menang 3 PaketKanwil DJBC Riau dan Sumbar Musnahkan Barang Selundupan Senilai Rp13 M LebihDiduga Kongkalikong Antara Kontraktor dan Pejabat PU di Proyek Rigit Beton 6 M
Laporan KhususBerhasil Kendalikan Kaki Gajah Depok Raih PenghargaanDepok, Jaya Pos Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia ...


Tahapan Seleksi Sekda Memasuki Penulisan MakalahBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Tahun 2017Ketua Dewan Pimpin Paripurna Istimewa APBD-P 2017Inovasi Disbun Jatim Untuk Petani KakaoHUT Kabupaten Natuna Bupati Berikan Penghargaan Pada PegawaiJaksa Pangkalpinang Masuk SekolahPDAM Kab Melawi Peroleh Predikat WTP