Selasa, 08 Agustus 2017 - 07:25:55 WIB
Kades Sidojangkung Layak DibuiKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 138 kali

Baca Juga:Penderitaan Emeh Mengundang Keprihatinan Kapolres MajalengkaDua Petinju Samosir Masuk Final Kejurnas Tinju Amatir di JakartaPelepasan Siswa-Siswi SMKN 1 LabangWarga Desa Sungai Belidak Merasa Dianaktirikan

Gresik, Jaya Pos

Setidaknya ada dua Undang –Undang yang diduga kuat dilanggar oleh Kepala Desa Pejangkungan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik yakni Undang –Undang No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang–Undang No 20 tahun 2001 juga Undang–Undang No 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Bila diakumulasikan kedua pelanggran atas Undang-Undang tersebut ancaman hukumanya bisa 20 tahun penjara.

Sebagai Kepala Desa seharusnya menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat desanya untuk mentaati setiap undang–undang ataupun peraturan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Sayangnya menjadi Kepala Desa bagi Sugianto Kepala Desa Sidojangkung, Kecamatan Menganti Kab Gresik menjadi Kepala Desa diduga dijadikan kesempatan untuk memperkaya diri sendiri dengan cara melanggar undang–undang.

Setidaknya fakta itu yang dilihat oleh Ketua LSM WAR Ir Didik Wahono SH.Msi. Menurut Bung Didik sebgai Kepala Desa Sugianto sama sekali tidak menghiraukan pranata dan peraturan perundang –undangan yang berlaku dengan cara melawan hukum dengan terang –terangan menjual tanah kavling dan tanpa dilengkapi rencana setapak atau set plain yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang dari Pemerintah Kabupaten Gresik.

Menurut Bung Didik tindakan Kepala Desa Sidojangkung,Sugianto ini telah melanggar Undang –Undang No 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Bila mengacu pada pasal 151 dari Undang–Undang tersebut Sugianto terancam hukuman maksimal enam tahun penjara dan atau denda maksimal enam milyar rupiah.

Masih menurut Bung Didik, sebagai Kepala Desa Sidojangkung yang seharusnya menjadi gerbang awal untuk menjadi contoh bagi ketaatan seluruh lapisan masyarakat terhadap undang–undang, dengan kewenangan sebagai Kepala Desa, Sugianto dengan leluasa membuat kawasan kavling di desanya dan memasarkan dengan mudah tanpa adanya hambatan atau halangan dari pihak masyarakat Desa Sidojangkung.

Bahkan para pemudanya dijadikan sales bagi kepentingan penjualan kavling di desa tersebut. Atas hal itu menurut Bung Didik, Kamis (3/8/17) Kepala Desa Sidojangkung juga ditengarai melanggar Undang–Undang No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan indikasi awal yang cukup yakni menyalah gunakan kewenangannya sebagai Kepala Desa,

“Berbuat sesuatu dan atau tidak berbuat sesuatu dengan kewenangannya yang memperkaya diri sendiri atau orang lain dan atau suatu korporasi yang merugikan keuangan atau perekonomian negara diancam dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda satu milyar rupiah. Seharusnya dengan akumulasi hukuman yang diduga dilanggar oleh Kepala Desa Sidojangkung ini Sugianto, Kepala Desa Sidojangkung memang layak dibui,“ pungkas Bung Didik.

Sementara Kades Sidojangkung Sugianto yang diklarifikasi dan konfirmasi melalui surat maupun pesan singkat tidak memberikan penjelasan apapun mengenai hal itu.(Zein)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50364)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13451)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12782)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8008)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5328)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4839)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (3986)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3943)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3782)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3616)
Bedah JayaposKades Mekar Sari-Panimbang Diduga Manipulasi Data BSPS Kaum MiskinPadeglang, JAYAPOS - Sukarna Jaya, Kepala Desa Mekarsari, Kec Panimbang diduga memanipulasi data ...


Dana DAK Rehab, RKB dan Perpustakaan Sekolah Diduga Dipungli Hingga Ratusan Juta RupiahPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab
Laporan KhususWagub Berikan Jawaban pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi SumselPalembang, JAYAPOS -  Wakil Gubernur Suma­tera Selatan Ir H Ishak Mekki MM ...


Bupati OKI Minta Polisi Tindak Tegas Pembakaran LahanSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang Ternak