Rabu, 13 Juni 2012 - 07:44:45 WIB
Upaya BLH di Hari Lingkungan Hidup SeduniaKategori: Kepri - Dibaca: 701 kali

Baca Juga:Timbangan PT Inti Indosawit Subur Diduga Tidak Lakukan Tera Ulang Secara BerkalaHindari Praktek Ilegal, Dinkes Kalbar Perketat Perizinan Perusahaan Berbasis FarmasiKabupaten OKI Terbaik di SumateraJalinsum Tarutung Padangsidempuan Dipelihara

Anambas, Jaya Pos

Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni, Said M Damri SKM MPH selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kepulauan Anambas terus berupaya menanggulangi pencemaran laut oleh sampah setiap harinya.

Said M Damri yang ditemui di kantornya mengemukakan, disamping menyambut Hari Lingkungan Hidup sedunia, dirinya akan terus berupaya menanggulangi pencemaran sampah di laut khususnya yang ada di perairan Kab Kep Anambas.

Berhubung Kab Kep Anambas yang menyelimuti 70% perairan, tidak menutup kemungkinan potensinya lebih banyak di perairan dibandingkan di daratan.

Salah satu upaya BLH saat ini, untuk di perairan seperti boot pengumpulan sampah yang ada sekarang, boot pengumpul sampah terdiri dari empat anggota setiap unitnya biasa digunakan sebagai sarana transportasi pengumpulan sampah dari laut.

Untuk  sementara boot pengumpul sampah ini baru ada di dua kecamatan, diataranya Kecamatan Siantan dan Kecamatan Palmatak. Setiap harinya, boot pengumpul sampah dapat mengumpulkan 7 hingga 10 kantong plastik sampah berukuran 60 kg.

Sampah-sampah yang didapat meliputi berbagai jenis, diantaranya seperti berbagai kemasan, sisa-sisa potongan benda keras maupun lunak, maupun jenis sampah lainnya.  Sampah-sampah yang terkumpul, selanjutnya dikumpulkan ke tempat pengumpulan sampah.

Adapun dari sampah yang didapat setiap harinya sebagian diolah untuk dimanfaatkan sebagai kompos.

Menanggapi hal tersebut, Said M Damri mengajak kerja samanya kepada seluruh lapisan masyarakat, pengusaha, maupun instansi pemerintah untuk bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup Kab Kep Anambas.  

Lebih dari itu, diharapkan bagi seluruh lapisan yang ada bisa lebih menyadari dampak negatif dengan membuang sampah ke laut. Karena tidak menutup kemungkinan dapat menumbuhkan pencemaran laut, maupun terumbu karang yang ada di sekitarnya.
Said M Damri mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat sebagaimana dari moto yang tercipta  ubah perilaku, tingkatkan kualitas lingkungan kita sejalankan menuju pulau tropis ter indah.Erfan


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121376)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90824)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (59225)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (49751)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45722)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45277)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37347)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32799)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31464)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (23822)
Bedah JayaposPT Karya Res Lisbet Mineral Diduga Loloskan Circon Ilegal Gunakan Dokumen AspalPT Karya ResLisbet Mineral ini, diduga telah menyalahgunakan dokumen pertambangan, karena beroperasi ...


15 Paket Proyek T.A 2017 Di Ketapang Terindikasi Persekongkolan TenderDianggap Tidak Berfungsi, Nama TP4D Kejati Sulsel Dihapus Dari Papan Proyek100 M Dana APBD Katingan di Bank BTN Raib?26 M Bangun Peningkatan Puskesmas/RSU di Kec. Merlung Dinilai MubazirEmpat Perusahan Siap Cairkan Uang Proyek Spandek Tanpa TenderPeningkatan Jalan Kp.Gardu-Kp.Cibayana Kab.Tangerang Diduga Tak Sesuai RabProyek Perbaikan Atap dan Interior Dinas PKPP Provinsi Sulsel Diduga Sarat Kongkalikong
Laporan KhususEnam Kali WTP, Kabupaten OKI Terima Penghargaan dari Presiden Kayuagung, Jaya Pos Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian ...


Idris Abdul Somad : Alhamdulillah Depok Kembali Meraih Penghargaan dari PresidenWakil Bupati Natuna Hadiri Wisuda ke IV TPQ Desa SepempangFery Pemda Natuna Tiba di Pelabuhan PenagiPengamen Jalanan Menjamur di Kota CiamisRadio Smooth FM Ajukan Permohonan Perpanjangan Izin SiaranPemkot Depok Berikan Bantuan Langsung Kepada 457 RTLHBupati Pastikan Proyek Rp 17,9 M Lancar