Rabu, 13 Juni 2012 - 07:44:45 WIB
Upaya BLH di Hari Lingkungan Hidup SeduniaKategori: Kepri - Dibaca: 53 kali

Baca Juga:Timbangan PT Inti Indosawit Subur Diduga Tidak Lakukan Tera Ulang Secara BerkalaHindari Praktek Ilegal, Dinkes Kalbar Perketat Perizinan Perusahaan Berbasis FarmasiKabupaten OKI Terbaik di SumateraJalinsum Tarutung Padangsidempuan Dipelihara

Anambas, Jaya Pos

Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni, Said M Damri SKM MPH selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kepulauan Anambas terus berupaya menanggulangi pencemaran laut oleh sampah setiap harinya.

Said M Damri yang ditemui di kantornya mengemukakan, disamping menyambut Hari Lingkungan Hidup sedunia, dirinya akan terus berupaya menanggulangi pencemaran sampah di laut khususnya yang ada di perairan Kab Kep Anambas.

Berhubung Kab Kep Anambas yang menyelimuti 70% perairan, tidak menutup kemungkinan potensinya lebih banyak di perairan dibandingkan di daratan.

Salah satu upaya BLH saat ini, untuk di perairan seperti boot pengumpulan sampah yang ada sekarang, boot pengumpul sampah terdiri dari empat anggota setiap unitnya biasa digunakan sebagai sarana transportasi pengumpulan sampah dari laut.

Untuk  sementara boot pengumpul sampah ini baru ada di dua kecamatan, diataranya Kecamatan Siantan dan Kecamatan Palmatak. Setiap harinya, boot pengumpul sampah dapat mengumpulkan 7 hingga 10 kantong plastik sampah berukuran 60 kg.

Sampah-sampah yang didapat meliputi berbagai jenis, diantaranya seperti berbagai kemasan, sisa-sisa potongan benda keras maupun lunak, maupun jenis sampah lainnya.  Sampah-sampah yang terkumpul, selanjutnya dikumpulkan ke tempat pengumpulan sampah.

Adapun dari sampah yang didapat setiap harinya sebagian diolah untuk dimanfaatkan sebagai kompos.

Menanggapi hal tersebut, Said M Damri mengajak kerja samanya kepada seluruh lapisan masyarakat, pengusaha, maupun instansi pemerintah untuk bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup Kab Kep Anambas.  

Lebih dari itu, diharapkan bagi seluruh lapisan yang ada bisa lebih menyadari dampak negatif dengan membuang sampah ke laut. Karena tidak menutup kemungkinan dapat menumbuhkan pencemaran laut, maupun terumbu karang yang ada di sekitarnya.
Said M Damri mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat sebagaimana dari moto yang tercipta  ubah perilaku, tingkatkan kualitas lingkungan kita sejalankan menuju pulau tropis ter indah.Erfan


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (12925)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7326)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (4667)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3106)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (2481)Menuju Sumut 1 Djarot-Sihar Diunggulkan (2096)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1743)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1549)Jerit Tangis Penghuni Lapas Lubuk Pakam Deli Serdang (1454)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (1286)
Bedah JayaposPembanggunan Long Storage Jadi Ajang Illegal Maining (Bag 2)Sidoarjo, Jaya Pos Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah ...


Kepsek Sd Negeri 27 Tapian Kandis Kecamatan Palembayan Tidak Punya EtikaPTSL Dikelurahan Cipete Dijadikan Ajang PungliAkibat Anggota "Main Proyek" Dibiarkan, Citra DPRD Kapuas TercorengPembangunan Jalan Desa Marumpa Sarat PenyimpanganPemprov Riau Bangunan Rumah Layak Huni, Diduga Tidak Tepat SasaranDiduga Bansos Rastra di Desa Ciseureuheun- Cigeulis DitebusPolsek Tapung Amankan Gas Elpiji 3 Kg Bersegel Bengkalis
Laporan KhususPlt Bupati Muba Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD Muba, Jaya Pos Plt Bupati Musi Ba­nyuasin (Muba) Beni Herne­di menjawab pamandangan umum ...


Koperasi Abdi Sejahtera Gelar Rapat Anggota Luar BiasaPemkab Gumas Musrenbang Perdana di TewahBP3D Gumas Gelar Rapat Penyampaian Data Laporan TEPRABupati Resmikan RSUD Grati Dengan Harapan Pelayanan Kesehatan Semakin MerataWalikota Gs Vicky Lumentut Canangkan Pelayanan Medik 1x24 JamRSUD M Ali Hanafiah Batusangkar Terima Sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang Lima dari KARSBupati Muara Enim Teken MoU Peningkatan Kinerja OPD Tahun 2018