Rabu, 13 Juni 2012 - 07:06:43 WIB
Kabupaten OKI Terbaik di SumateraKategori: Sumatera Selatan - Dibaca: 288 kali

Baca Juga:Jalinsum Tarutung Padangsidempuan DipeliharaKerusakan Jalan Golpara-Nagrak Dikeluhkan WargaSertifikasi Harus Bisa Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dipastikan, Gepeng dan PGJ Sulit Ditemui di Ranai

- Piala Adipura Katagori Kota Kecil Terbersih Peringkat III Nasional 

OKI, Jaya Pos

Setelah beberapa waktu lalu mengaharumkan nama  bangsa Indonesia dengan meraih penghargaan Eno Golden dan Eno Silver Award dari ENO In­ter­national dan ditetapkan sebagai sa­lah satu anggota jaringan Kota Hijau Dunia bersama 10 kota besar lainnya dari berbagai belahan benua di dunia, tepatnya di Istana Negara Jakarta, Kota Kayuagung ibukota Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kem­bali meraih Piala Adipura dengan predikat yang membanggakan, yaitu kota kecil terbersih di Sumatera dan nomor tiga secara nasional.

Anugerah Adipura ini diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dirangkai dengan Pencangan Tahun Badak Internasional tahun 2012 di Istana Negara, Jakarta.

Peringatan tersebut dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II dan para kepala daerah tingkat kabupaten dan kota.
Menteri Negara Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengatakan, kepedulian dan kepeloporan masyarakat melestarikan lingkungan dari waktu ke waktu semakin meningkat, baik kuantitas maupun kualitasnya. Untuk itu, disampaikan penghargaan lingkungan kepada individu, kelompok, dan perwakilan pemerintah daerah yang telah berprestasi di bidang lingkungan hidup.

Penghargaan lingkungan tersebut adalah Kalpataru, Adipura, Adiwiyata Mandiri, dan Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik.
Dikatakan Kambuaya, untuk peserta Piala Adipura tahun 2012 mengalami peningkatan.

Pada tahun 2011 diikuti oleh 63 kota sedangkan tahun 2012 ini diikuti 125 kota dengan kategori kota Metropolitan, Besar, Sedang dan Kecil.

Presiden Republik Indonesia dalam sambutannya menilai pentingnya ekonomi hijau untuk masa depan guna mencapai tiga sasaran besar yaitu ekonomi terus tumbuh dan memberikan lapangan kerja serta mengurangi kemiskinan, tanpa mengabaikan perlindungan lingkungan.

“Tema yang diusung “Ekonomi Hijau, Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan” ini merupakan tonggak bagi kita untuk terus meningkatkan pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan dengan melibatkan masyarakat, LSM dan swasta,” ujar Presiden.

Selanjutnya, Presiden juga mengucapkan terimakasih kepada individu dan kepala daerah peraih penghargaan. “Selamat dan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan keteladanan saudara-saudara atas pemeliharaan lingkungan hidup. Terus wujudkan pelestarian lingkungan dalam kehidupan sehari-hari seperti hemat air dan energi serta menanam pohon,” pesan Presiden.

Sementara Bupati OKI setelah menerima piala Adipura di Istana Negara mengatakan, pelestarian lingkungan di Kabupaten OKI bukan ditujukan untuk meraih adipura atau penghargaan lainnya saja.  “Upaya pelestarian lingkungan ditujukan bukan untuk meraih Adipura atau penghargaan lainnya, tetapi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat akan adanya lingkungan yang bersih dan tertata serta menumbuhkan pola hidup bersih pada masyarakat,” ujar H Ishak Mekki.

Bupati Ogan Komering Ilir menyakini, perbaikan lingkungan merupakan kerja besar yang melibatkan banyak pihak. “Keberhasilan Kabupaten OKI meraih Piala Adipura dengan predikat membanggakan ini tidak terlepas dari kerja keras warga, sektor usaha dan pemerintah, eksekutif maupun legislatif. Semua bekerja secara ikhlas untuk kebaikan bersama untuk keindahan kota. Terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kami  ucapkan,” ujar Ishak.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kebersihan dan Pasar Kabupaten OKI, H Amiruddin SSos yang mengatakan, selain kerja keras dari berbagai pihak, poin yang paling besar dalam penilaian Adipura yaitu partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Dijelaskan Amir, berbagai upaya yang pihaknya lakukan untuk menyukseskan Adipura tahun 2012 diantaranya dengan menata kebersihan dan kenyamanan pasar, menata keindahan daerah Aliran Sungai Komering, menyediakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dilengkapi pengolahan sampah serta yang lebih penting, yaitu melibatkan masyarakat dalam menjaga kebersihan seperti Jum’at Bersih dan kampanye kebersihan di sekolah-sekolah, menyediakan tempat sampah yang diperuntukkan memilah dan memilah sampah serta teduhnya Kabupaten OKI berkat upaya penghijauan yang telah dilakukan selama ini.Toyo


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59367)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51240)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (33091)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14715)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14007)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13842)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13600)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13009)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9914)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9018)
Bedah JayaposTim Saber Pungli Kota Banjar Siap Tindaklanjuti Dugaan Pungli di DisdikbudBanjar, Jaya Pos Tunjangan Kinerja (Tunkin) pengganti Tunjangan Dae­rah (Tunda) yang bakal diterima ...


Warga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan ListrikBobroknya Sikap Oknum Pegawai Bank BNI BukittinggiRekanan Chevron Diduga Gunakan BBM BersubsidiSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruGus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ?Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR
Laporan KhususPemkab Labusel Kembali Memperoleh WTP TA 2108 dari Kepala BPK RI Perwakilan SumutLabusel, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Selatan (Labusel) kembali memperoleh opini Wajar ...


Pemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang DihotmixLakukan Reformasi Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota, Naikan Pendapatan dan Pembangunan ApartemenPemkab Humbahas Raih WTP dari BPK RI Perwakilan SumutPatik Dalam Kehidupan Batak Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018