Minggu, 15 April 2012 - 11:25:26 WIB
Pembukaan MTQN ke-41 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Diwarnai Tarian KolosalKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 467 kali

Baca Juga:SDN 015 Langkan Kecamatan Langgam Butuh Bangunan BaruOknum Pemkab Tapteng Ciptakan Pengalihan Isu Kasus Korupsi BonaranPenasihat Presiden SBY Terperangkap Korupsi Alkes Membongkar Gurita Korupsi PG (Bag 7), Robert Sinurat dan PT Nuratindo 'Merampok' Ratusan Miliar
Rantauprapat, Jaya Pos

Tarian kolosal dengan judul Kesatuan Bangsa yang menggambarkan perjalanan bangsa Indoensia sejak zaman sebelum penjajahan sampai saat kemerdekaan mewarnai Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasiopnal (MTQN) ke-41 tingkat Kabupaten Labuhanbatu yang diselenggarakan di Lapangan Carotine Desa No 6 Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu.

Acara pembukaan berlangsung meriah dihadiri ribuan pengunjung tumpah ruah menyaksikan acara yang dibuka Bupati Labuhanbatu, dr H Tigor Panusunan Siregar, sekitar pukul 20.30 Wib.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Qori Internasional H Darwin Hasibuan SPdI yang mampu memukau hadirin seakan jarum jam tak mampu berdetak, hening dan syahdu mendengarkan alunan asma Allah berkumandang di lapangan milik PTPN III Aek Nabara Selatan itu.

Qori yang mampu meraih juara pertama MTQ Internasional di Teheran, Iran, menjadi salah satu idola penonton pada malam itu. Tidak heran mulai naik sampai turun dari panggung, mata penonton selalau mengikuti kemana arah sang qori tersebut. Tidak heran kalau banyak penonton yang menyempatkan untuk sekedar foto bareng.
 
Bupati dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD dalam kata sambutannya mengatakan, MTQ diharapkan menjadi momentum mengajak generasi muda khususnya, untuk kembali memahami dan mengamalkan kandungan Al Quran sehingga terhindar dari krisis moral.

“Dengan memahami dan mengamalkan kandungan Al Quran, generasi muda juga akan terhindar dari hal-hal berbau penyakit masyarakat, maksiat dan lain sebagainya,” ujar Tigor

MTQ juga merupakan momen untuk membangun masyarakat yang berkarakter dan berbudaya luhur, serta mengembangkan tradisi mengaji pada magrib hari. “Gerakan Magrib Mengaji yang kita kenal dengan Gemar Mengaji ini telah kita canangkan pada tahun lalu di daerah ini, semoga kegiatan ini menjadi tradisi generasi muda kita”, kata Tigor.

Untuk mendukung kegiatan ini, kata Tigor, Pemkab Labuhanbatu juga telah membagikan sebanyak 5000 buah Alqur’an di berbagai masjid di Labuhanbatu pada saat Safari Ramadhan tahun lalu. Pembagian Alqur’an ini akan kita lanjutkan pada Safari Ramadhan yang akan datang dengan harapan gerasi muda kita semakin mencintai dan memahami isi kandungan Alqur’an.
 
Terkait dengan pelaksanaan Festival Nasyid, Tigor mengajak generasi muda untuk terus berkreasi menggali budaya lokal dan menjadikannya budaya yang dicintai sekaligus diminati. Nasyid sebagai seni budaya religi Islami, jelas Tigor, diyakini akan mampu membentengi generasi muda dari derasnya budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya lokal.

Ketua DPRD Hj Ellya Rossa Siregar SPd pada kesempatan itu menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras meramu acara sehingga terkesan mewah dan enak ditonton.
“Kami juga mendukung sepenuhnya acara ini dan semoga akan lahir putra-putri terbaik daerah ini yang akan mewakili Labuhanbatu ke event yang lebih tinggi”, ujar Ellya Rossa.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Camat Bilah Hulu Robiul Amin S Sos dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan itu dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 10-14 April 2012.

Untuk kegiatan MTQ akan diikuti peserta dari seluruh kecamatan di Labuhanbatu tingkat anak-anak, remaja dan dewasa putra-putri. Sementara untuk Festival Nasyid diikuti sebanyak 19 tim putra-putri dari 9 kecamatan.

Pembukaan MTQ yang ditandai dengan pemukulan bedug oleh bupati dan wakil bupati didampingi oleh unsur pimpinan daerah Labuhanbatu itu dihadiri oleh Plt Sekdakab H Ali Usman Harahap SH, Ketua TP PKK Hj Fitra Laila SpTHT, Wakil Ketua TP PKK Fitri Suhari, para Asisten, para kepala SKPD, Ketua MUI, Orms Islam, OKP dan ribuan masyarakat sekitar.

Sebelumnya juga telah dilangsungkan pawai ta’aruf yang dimeriahkan dengan marching band dari Perguruan Al-Ittihad, gabungan murid SD se Bilah Hulu dan siswa-siswi SMA Persiapan Bilah Hulu dan marching bang Gema Bayangkara Rantauprapat. AD

0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (73677)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61091)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52839)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20976)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16423)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15690)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15321)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15018)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14876)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11478)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya