Jumat, 13 April 2012 - 20:37:57 WIB
Peduli Kebersihan Tangsel OMAN Ingin Gandeng Pemkot Tangsel Tangani SampahKategori: Tangerang - Dibaca: 487 kali

Baca Juga:Calo Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Raup Puluhan Miliar RupiahPolres Malalengka Tabuh Genderang Perang Terhadap Pelaku PerjudianKapoldasu Kunjungi Tanjungbalai di Hari Isah AlmasihSiswa Siswi SMK 3 Tanjungbalai Unjuk Rasa ke DPRD Minta Kepala Sekolah Dicopot

Jakarta, Jaya Pos

Sampah menjadi permasalahan yang cukup kompleks yang membutuhkan penanganan serius karena menyangkut kebersihan, kesehatan dan keindahan kota. Masalah sampah di Tangerang Selatan (Tangsel) terus disorot penanganannya oleh berbagai kalangan termasuk Organisasi Mantan Narapidana (OMAN).

Organisasi ini mencari solusi terbaik bagaimana menangani sampah yang tak ubahnya seperti jamur yang tumbuh di musim penghujan. Seperti yang terlihat di beberapa titik yang ada di Tangsel, sampah berceceran di kiri kanan jalan. Selain merusak pemandangan, sampah juga menimbulkan bau tidak sedap.

Bahkan, pihak OMAN sendiri telah memiliki solusi yang ditawarkan kepada pemerintah kota agar dapat bersama-sama menangani sampah yang kini menjadi dilema bagi masyarakat Tangsel.
Hal itu diungkapkan Ketua Umum OMAN, Noor Khadillah Nasution dalam sebuah dialog interaktif yang diadakan di rumah makan Telaga Sea Food, BSD (7/4) yang melibatkan beberapa unsur kemasyarakatan serta Pemkot Tangsel dan dipandu oleh sebuah harian surat kabar yang ada di Tangerang Selatan.

Namun pihak OMAN dan masyarakat Tangsel, menurut Noor Khadillah Nasution merasa kecewa karena Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie sedianya ditunjuk menjadi pembicara, demikian halnya Ketua DPRD, Kepala Dinas DKPP dan beberapa unsur pemerintahan serta pengelola pasar yang ada di Tangerang Selatan, hingga berjalannya acara, orang-orang tersebut tak satupun nampak di tengah dialog interaktif. Hanya diwakili oleh salah seorang staff ahli pembangunan, Ir Nur Slamet dan dari Forum Kota Sehat (FKS), H. Husein, yang keduanya didaulat sebagai nara sumber.

Noor Khadillah Nasution dalam acara tersebut, sempat mengkritisi pihak Pemkot yang menurutnya lebih mementingkan kepentingan pribadi dibanding membangun kota Tangerang Selatan, seperti persoalan sampah yang penanganannya butuh perhatian serius. “Jika seperti ini kondisinya, akan seperti apa Kota Tangsel kedepan, ini sungguh sangat ironis sekali,” kata pria yang lebih akrab dipanggil Dillah.
Kendati demikian, pihaknya berharap kepada pemerintah daerah supaya lebih memperhatikan semua permasalahan yang ada di Tangerang Selatan. “Jadi, pemerintah jangan menyepelekan masyarakat, cobalah kedepan lebih bersinergi dengan masyarakat. Terlebih bagai mana mencari solusi penanganan sampah seperti sekarang ini,” ujarnya.

Dirinya masih menaruh harapan kepada pihak Pemkot Tangsel, untuk dapat memberikan perhatian serius khususnya dalam hal penanganan sampah yang hingga kini masih momok di tengah masyarakat. “Kita sudah ada solusi, bagaimana agar sampah itu tidak menjadi dilema di tengah masyarakat, tinggal bagaimana respon pemkot terhadap ide kita ini,” ujar Dillah yang dipercaya mengkoordinir para mantan nara pidana ini.

Sementara itu, Staff Ahli Pembangunan kota Tangsel, Ir Nur Slamet, saat di konfirmasi kepada para wartawan mengatakan, penanganan sampah diakuinya harus melibatkan semua unsur masyarakat. “Masyarakat harus terlibat langsung dalam penanganan sampah, memilah-milah mana sampah organik dan non organik supaya petugas yang menangani sampah bisa dengan mudah mengangkatnya,” ujarnya.

Disinggung masalah pembuangan sampah yang ada di Cipeucang dengan lahan lebih dari 15 hektar, Nur Slamet memastikan bahwa Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPST) yang dari Tangerang Selatan akan segera difungsikan. “Cipeucang sendiri sudah pasti bulan depan bisa difungsikan, karena tempatnya sendiri sudah ada, hanya tinggal perbaikan sedikit saja seperti jalan masuk serta infrastruktur pendukung lainnya sudah disiapkan,” kata Nur Slamet yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas di DKPP Tangsel.

Ia pun berharap kepada masyarakat agar pengolahan sampah hendaknya dititikberatkan pada rumah tangga masing-masing supaya tempat pembuangan sampah yang hanya 15 hektar bisa berumur panjang.Pht


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (73784)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61092)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52840)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20981)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16424)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15693)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15323)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15018)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14889)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11491)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya