Senin, 09 April 2012 - 15:51:58 WIB
RRC Negara Tujuan Wisata Dunia, Raksasa Ekonomi AsiaKategori: Jakarta - Dibaca: 529 kali

Baca Juga:SMPN 62 Jakarta Terancam AmbrukSekdakab: Hati-Hati Terhadap Calo CPNSDemi Pujaan Hati, Siswa MTS Mina Tanjungbalai Tenggelam di Sungai AsahanSMKN 1 Indramayu Menuju Sekolah Berbasis Internasional

Jakarta, Jaya Pos

Jika anda mengagumi budaya China, Negara Republik Rakyat China (RRC) adalah negara yang patut anda kunjungi. Dengan luas hampir 10 juta kilometer persegi, RRC juga menyimpan berbagai kekayaan alam, peninggalan sejarah dan budaya keajaiban dunia. RRC mewarisi peradaban terkaya di dunia dalam sejarah. Ibukotanya Beijing adalah salah satu kota terbesar di dunia dan Shanghai, kota kosmopolitan kota kedua terbesar di negeri ini.

RRC adalah salah satu negara besar, raksasa ekonomi Asia. Melalui reformasi dan hubungan baik dengan masyarakat internasional, RRC telah melakukan mujizat ekonomi, meningkatkan kekuatannya sebagai anggota masyarakat internasional serta berperan aktif sebagai anggota PBB. Dengan penduduk hampir 1,4 milyar, beberapa puluh tahun yang lalu, RRC masih sebuah negara baru berkembang. Negara ini berdiri 1 Oktober 1949, memasuki era sejarah baru menuju modernisasi sosial.

Masa depan RRC begitu cerah, kini dipimpin Presiden Hu Jintao, memfokuskan diri dengan upaya-upaya mengembangkan ekonomi, mensejahterakan masyarakatnya, juga melanjutkan reformasi dalam era keterbukaan, membangun sebuah masyarakat yang harmonis dan bekerja keras membangun satu dunia yang damai, menuju perdamaian  abadi dan kesejahteraan bersama.

Di abad ke 16, beberapa negara kolonial barat tiba di daerah ini untuk mencari pasar untuk perdagangan dan jajahan-jajahan baru. Tahun 1514 Portugis mendarat, kemudian menyusul Spanyol, Belanda dan Inggris. Hongkong, sebuah pulau kecil yang dikunjungi puluhan juta wisatawan mancanegara (wisman) setiap tahun adalah jajahan Inggris yang kembali kepangkuan RRC 20 tahun lalu. Sekitar 60 Km dari Hongkong, Makao, destinasi wisata, liburan, adalah bekas jajahan Portugis, dua objek wisata top dunia ini menjadi idola jutaan wisman.

Tahun 2009 RRC telah mengadakan hubungan diplomatik dengan 171 negara, telah bergabung dengan organisasi internasional dan menandatangani 300 buah perjanjian internasional. China juga ikut dalam Konperensi Tingkat Tinggi Nuklir 2012 di Seoul, Korea Selatan, yang dihadiri Presiden Hu Jintao dan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, bulan Maret yang lalu dan puluhan kepala negara lainnya.

Pembangunan di negara ini begitu hebat dan infrastruktur seperti jalan, jembatan, dermaga, pelabuhan, dan sarana angkutan baik darat, laut dan udara prima dan berkelas internasional. Disamping Makao dan Hongkong, yang menyediakan berbagai objek wisata dan hiburan serta atraksi-atraksi yang mendatangkan jutaan wisman. Great Wall (tembok besar) yang panjangnya beribu-ribu mil, berlokasi di bagian utara negeri ini, juga menjadi salah satu obyek wisata dunia dan juga menjadi salah satu keajaiban dunia. Tembok Besar dibangun antara 770–476 sebelum masehi.

RRC terus membenahi dan meningkatkan sarana dan infrastruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan industri pariwisatanya. Satu bukti yang nyata adalah Jembatan Aizhai dibangun di atas lembah setinggi 336 meter dan memiliki panjang 1176 meter. Jalan ini mulai dioperasikan pada tanggal 31 Maret 2012. Jalan jembatan ini terletak di Jishou, Provinsi Hunanbagian tengah, RRC. Aizhai merupakan jembatan keempat di RRC yang dibangun untuk menghubungkan wilayah antar pegunungan dan sekaligus mengatasi masalah transportasi akibat lembah yang dalam.

Budaya China sudah lama berakar di Indonesia, terlihat dari banyaknya peninggalan seperti vihara dan pechinan yang tersebar di penjuru tanah air. Sampai sekarang sebagian komunitas warga keturunan yang masih memegang teguh adat istiadat nenek moyang masih dapat disaksikan. Tidak hanya di kota-kota kecil tetapi juga di metropolitan seperti Jakarta.  Di tahun 2011, sebanyak 55,7 juta wisman mengunjungi RRC, dengan perolehan devisa USD 45,8 milyar.

Dalam kelompok 10 negara tujuan wisman dan belanja wisatawan dunia 2011, RRC menduduki peringkat ke 3 dan ke 4. Di tahun 2011 wisman RRC ke Indonesia berjumlah 400.000 orang, ke Singapura 1.000.000 orang.

Penulis adalah : ARIFIN PASARIBU, Redaktur Eksekutif Jaya Pos, mantan Direktur Promosi Pariwisata Indonesia di Inggris.


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (73680)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61091)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52839)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20976)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16423)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15690)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15321)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15018)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14876)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11478)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya