Sabtu, 07 April 2012 - 13:38:22 WIB
Bankamdes di Areal Tambang Emas Peboya Lakukan Pungli.Kategori: Sulawesi Tengah - Dibaca: 356 kali

Baca Juga:Jasa Raharja Kalbar Hadiri Pengukuhan FLLAJRatusan Ton Zircon Sitaan Polda Kalbar Di Ketapang Menghilang, Diduga Dijual KembaliHM Abduh Nst Menipu Masyarakat, Tanah Yang Sudah dijual di Jual KembaliGanda Putera SMPN 6 Cimahi Juara Milo School Competition.

Palu-Sulteng, Jaya Pos
 

Forum Bantuan Keamanan Desa (Bankamdes), yang konon bentukan kepolisian, mungkin punya niatan yang patut dihargai, karena membangun bersama masyarakat dalam menjaga keamanan. Namun, terkadang adanya kesan salah memahami dalam tataran implementasinya. Seperti yang terjadi di lingkungan areal Tambang Emas di Kelurahan Peboya Kota Palu.

Data yang didapatkan bahwa Bankamdes di Peboya, telah melakukan pungutan terhadap usaha tromol, tong, tumbuk-tumbuk kios pembeli emas warung (Bantaran Sungai) warung di lokasi warga, kios barang campuran bengkel, bak  peredaman/penyiraman, untuk angkutan palang, mobil truk, pick – up, tangki air, sepeda motor, yang pungutannya variatif mulai dari puluhan ribu hingga  lima ratusan ribu rupiah.

Pungutan tersebut, dalam satu bulan diperkirakan mencapai puluhan juta.  Anehnya, berbagai pungutan, konon tidak punya payung hokum atau berupa  perda.

Hal itu diungkapkan Ketua Yayasan Uwesama Peboya, Ali Djaluddin M saat dikonfiormasi di kediamanya, belum lama ini. Ali mengutarakan, Forum Bankamdes bertugas hanya untuk keamanan di Kelurahan Peboya, seperti layaknya Bankamdes yang ada di daerah-daerah lain. “Setahu saya, Bankamdes hanya menjaga keamanan warga seperti di daerah lain, tapi heranya di kelurahan kami tidak seperti itu, melainkan mereka bertugas untuk melakukan pungutan kepada masyarakat,” kata Ali.

Sementara  Darwis mengaku resah atas kehadiran Bankamdes di daerahnya, karena melakukan pungutan dan mengintimadisi warga dengan bahasa-bahasa ancaman. “Kalau tidak bayar, nanti kami akan bongkar tromol atau usahanya,” kata warga Kelurahan Poboya ini menirukan ucapan yang dicamkan kepadanya.  

Darwis berharap, Kapolda Sulteng, segera menegur anggotanya, karena sepengatahuan warga Bankamdes, tugasnya adalah menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, bukan mengancam atau menakut-nakuti warga dengan bahasa-bahasa yang kasar, sehingga warga menjadi resah dalam melakukan aktifitasnya di daerah lingkar tambang Poboya.

Kondisi ini, lanjut dia, terkesan adanya pembiaran. Masalah ini, dikonfirmasi kepada Ketua Forum Bankamdes Kelurahan Poboya, Umar, tidak membuahkan hasil.Abn/ST


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59474)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51340)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (38603)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14818)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14119)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13931)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13683)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13117)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10471)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9111)
Bedah JayaposDana Pokir Desa Bojonegara Diduga Dijadikan Ajang BancakanSubang, Jaya Pos Para pelaku tindak pidana korupsi bukan orang-orang susah yang butuh uang buat bayar sewa ...


Korupsi Dana Desa, Dua Oknum Kades Asal Sukabumi DihukumMasyarakat Minta Bupati Turun Tangan Selesaikan Kasus Penutupan Jalan Pengadaan Alat Timbang DAK Ketapang, Kadisperindag Diduga Lakukan Pembohongan PublikProyek Siluman: Galian C dan Klaser di Desa Treman Diduga Tidak Memiliki Izin Proyek Lapangan Sepak Bola Konvensional Pagesangan Diduga Menyimpang, Dispora Surabaya Lakukan PembMantan Plt Camat Kapuas Murung Divonis 4 Tahun Penjara, Denda 200 JutaPelebaran Jalan Lingkar Samosir Kurang Profesional
Laporan KhususBupati Sergai Gelar Halal Bihalal Bersama Ratusan Masyarakat Perbaungan dan Pantai CerminSergei, Jaya Pos Bupati Sergai, H Soekirman gelar halal bihalal bersama Camat Perbaungan dan Camat Pantai ...


Meriahkan HUT Ke-235 Kota Pekanbaru, SMPN 35 Pekanbaru Gelar Lomba Permainan TradisionalSilaturahmi Masyarakat di Hamparan Perak Berjalan BaikWaasops Panglima TNI Cek Kesiapan Akhir Satgas Yonif 406/Ck Pamtas RI-PNGBupati Banyumas Nominator Penerima Satyalencana PembangunanUhum Dalam Kehidupan Masyarakat BatakFachrori Umar Sebut Danau Sipin Siap Untuk Gelaran Kejurnas DayungKorem 071/Wk Halal Bihalal Pererat Silaturahmi dan Kebersamaan